Rabu, 28 Desember 2011

evaluasi hasil belajar

Ciri2 thb yg bik
Valid
Realible
Obyektif
Representative
Bervariasi
Desain soal sesuai dgn pengguananya
Praktis
Dpt digunakan untuk memajukan thb siswa

Tuv
Rasional
Validitas isi
- isi merupakan penggambaran representative
- tes sesuia dgn tujuan khususnya tujuan instruksional
Construct validity
- butir2 soal mewakili affectife, kognitif n psikomotorik
- dilakukan dgn mencocokkan aspek2 berfikir dlm thb dengan aspek2 berfikir yang dikehendaki oleh tujuan / kompetensi

empiric
- ketepatan meramal
teknik ini merupakan tekhnik tes yang menunjukkan sejauh mana ketepatan ramalan yang akan dating. Validitas ramalan ini sifatnya sejajar , sama, sesuai arahnya antara thb sebelumnya dgn thb yang akan dtg dengan mengkorelasikannya
- ketepatan bandingan
suatu tes dpt dibandinkan apabila dlam wktu yang sama dpt secara tepat menunjukkan adanya hubungan yang searah antara tes pertama dgn tes berikutnya

Taksonomi bloom
Kognitif
- Knowledge-pengetahuan
- Comprehension-pemahaman
- Applicative-penerapan
- Analysis-menguraikan satu persatu mnjdi bag terkecil
- Synthetis-menghubungkan bgian2 trkcl shg mbntuk pola yang bersturktur
Affective
- Valuing-menilai n menghargai opbyek
- Responding- memberikan umpan balik/ berpartisipasi aktif
- Receiving n attending- memperhatikan obyek
- Characterization-mmbntuk watak-mengntrol sikap
- Evaluating-menimbng2 obyek/ide sseuai dgn criteria
Psychomotor
Yang diterima menjadi skils kemampuan dalam bersikap
Lnjutan dri affective n cognitive kecenderungan untuk berperilaku

Ciri2 ep
Dlkukan scr tdk langsung
Relative
Tdk terhindar dri kesalahan
Pngunaan ukuran kuantitatif
Menggunakan unit satuan yg tetap

Tujuan ep
Umum
Mngukur keefektivan pendidikan
Mendapatkan data pembuktian
Khusus-
Menemukan sebab2 kegagalan n keberhasilan
Merangsang kegiatan pd

Ruang lingkup ep
Program pengajaran
Pelaksanaan pengajaran
Tes hasil belajar



Funsi khusus ep
F sdministratif
Sbagai laporan, data, gambaran
Fungsi bg psert ddik
- Mengetahui kemampuan pd
- Membantu meningkatkan kemampuan pd dlm thb
Bgi pendidik
Diagnostic
Penempatan
Kepastian hasil usaha
Bimbingan
Instruksiona

Fungsi umum ep
Mengukur kemajuan
Menunjang penyususnan rencana
Memperbaiki/ melakukan perbaikan pendidikan/ rekonstruksi

Ep adalah proses untuk memajukan pendidikan dengan membandingkan dengan tujuan pendidikan yg telah ditentukan. Usaha untuk memperoleh informasi berupa feedback/umpan balik guna memperbaiki program pembelajaran
Essay test
1. Tes uraian bebas/terbuka: testee mempunyai kebebasan dlm merumuskan, mengorganisasikan dan menyajikan jawaba
2. Tes uraian terbatas: jawaban yg dikehendaki sudah dibatasi dan diarahkan

Kelebihan essay test
1. Pembuatannya mudah dan cepat
2. Dapat mencegah langkah spekulasi testee dan meminimalkan kerjasama
3. Diketahui tingkat penguasaan testee dalam memahami materi
4. Testee terbiasa mengemukakan analisa dan pendapat dengan bahasa mereka sendiri
Kelemahan essay test
1. Butir soal terkadang tdk secara representatif mewakili keseluruhan materi
2. Cara mengoreksi sulit
3. Dlm pemberian skor tester terkadang bersifat subyektif
4. Koreksi dan pemberian skor tdk bisa diserahkan ke orang lain
5. Validitas dan realibilitasnya kurang memadahi

Petunjuk operasional
penyusunan essay test
1. Diusahakan butir-butir soal telah mencakup keseluruhan materi yg diajarkan
2. Utk menghindari perbuatan curang susunan kalimat dibuat berlainan dg susunan kalimat yg ada di bahan pelajaran
3. Setelah soal dibuat segera disusun jawaban yg dikehendaki oleh tester sbg jawaban yg betul dilengkapi pedoman penilaiannya.
4. Pertanyaan atau perintah dibuat variatif
5. Kalimat soal disusun secara ringkas, padat dan jelas
6. Dikemukakan pedoman cara menjawab dan bobot nilai jawaban
Objective test
1. True-false test
2. Matching test
3. Completion test
4. Fill in test
5. Multiple choice item test
- Mci model melengkapi
- Mci berganda
- Mci analisis antar hal
- Mci model analisis kasus
- Mci model dinamik
- Mci model perbandingan kuantitatif

Tidak ada komentar:

Posting Komentar