Strategi belajar mengajar
a. Pengertian
Yunani-strategos-jendral/panglima-ilmu kejendralan/kepanglimaan
Scra kemiliteran-cara penggunaan seluruh kekuatan militer u mencapai tujuan perang
Ensiklopedi pendidikan-seni membawa pasukan kedalam medan tempur dlm posisi pling menguntungkan
Scr bahasa-kiat,siasat, trik/ cara
Istilah-pola umum kegiatan guru-murid dlm perwujudan kbm u mencapai 7an yg telah ditetapkan-sejumlah langkah yg direkayasa sedemikian rupa u mncapai 7an pngajaran t3
b. Dasar strategi dlm kbm
Mengidentifikasikan tkhlaku n kepribadian PD sesuai tuntutan zaman agar sesuai harapan
Memperrtimbangkan dan memilah system belajar yang tepat untk mencapai sasaran yg akurat
Memilih n menetapkan prosedur, metode, tehnik BM yg d anggapefektif shg dpt mnjd pegangan gr dlm KBM
Menetapkan norma2 n bts minim keberhasilan n criteria serta standar keberhsilan shg dpt dijadikan pedoman lh guru dlm mlkkn evaluasi HBM yg slnjtny mnjdi umpan balik untuk penyempurnaan system instruksional ybs scr keseluruhan
c. Implikasi strategi bm
Mengenal karakteristik PD yg hrus dicapai mll pembeljrn
Mmlh system pendekatan BM brdasarkan : kultur, aspirasi, pandangan filosofi masy
Memlih n mnetapkan prosedur, mtode n think mngjar
Menetapkan norma2/kriteria keberhasilan sswa
d. Hakikat proses BM
- Inti proses pengajaran- keg beljr PD dlm mencapai suatu tujuan(PD aktif fsk n jwa)
- Mengjara hakikatnya- proses mengatur mengorganisasikan lingk yg ada dsktar anak ddk, shg dpt menumbuhkan n mendorongPD mlkkn proses bljr,pd hp brkutnya proses bmbngan n bantuan kpd PD dlm mlkkan proses BM
- PBM-serangkaian aktifias yg dsepakati n dlkkan guru-PD u mencapai 7an pend scr optimal
e. Ciri2 KBM
- Ada 7an
- Tdp mekanisme, prosedur,lgkah2, mtde, n thniik yg drencanakan n desain u mncp 7an
- Focus mteri jls, terarah n terencana
- Ad aktifitas PD
- Actor guru yg cermat n tepat
- Tdp pola aturan bg gru n mrd dlm tttrtb @
- Limit waktu
- Evaluasi-proses n produk
f. Komponen KBM
- Tujuan
- materi
- Metode
- Pendidik
- PD
- Alat
- KBM
- Alat
- Sumber
- Evaluasi
1. Tujuan
- Sbgai acuan kedepan
- Sbg cita2 yg bernilai normative
- Tujuan umum-khusus slg mlngkapi
- Diskripsi tt perilaku PD yg diharapkan stlh KBM. Stu 7an pngjaran mrpkn hasil yg dhrpkan dr pngjrn n bkn hny proses
2. Bhn pelajaran
3. KBM
4. Metode
5. Alat
6. Sumber pelajaran
7. Evaluasi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar