Rabu, 28 Desember 2011

strategi belajar mengajar

Strategi belajar mengajar
a. Pengertian
 Yunani-strategos-jendral/panglima-ilmu kejendralan/kepanglimaan
 Scra kemiliteran-cara penggunaan seluruh kekuatan militer u mencapai tujuan perang
 Ensiklopedi pendidikan-seni membawa pasukan kedalam medan tempur dlm posisi pling menguntungkan
 Scr bahasa-kiat,siasat, trik/ cara
 Istilah-pola umum kegiatan guru-murid dlm perwujudan kbm u mencapai 7an yg telah ditetapkan-sejumlah langkah yg direkayasa sedemikian rupa u mncapai 7an pngajaran t3
b. Dasar strategi dlm kbm
 Mengidentifikasikan tkhlaku n kepribadian PD sesuai tuntutan zaman agar sesuai harapan
 Memperrtimbangkan dan memilah system belajar yang tepat untk mencapai sasaran yg akurat
 Memilih n menetapkan prosedur, metode, tehnik BM yg d anggapefektif shg dpt mnjd pegangan gr dlm KBM
 Menetapkan norma2 n bts minim keberhasilan n criteria serta standar keberhsilan shg dpt dijadikan pedoman lh guru dlm mlkkn evaluasi HBM yg slnjtny mnjdi umpan balik untuk penyempurnaan system instruksional ybs scr keseluruhan
c. Implikasi strategi bm
 Mengenal karakteristik PD yg hrus dicapai mll pembeljrn
 Mmlh system pendekatan BM brdasarkan : kultur, aspirasi, pandangan filosofi masy
 Memlih n mnetapkan prosedur, mtode n think mngjar
 Menetapkan norma2/kriteria keberhasilan sswa
d. Hakikat proses BM
- Inti proses pengajaran- keg beljr PD dlm mencapai suatu tujuan(PD aktif fsk n jwa)
- Mengjara hakikatnya- proses mengatur mengorganisasikan lingk yg ada dsktar anak ddk, shg dpt menumbuhkan n mendorongPD mlkkn proses bljr,pd hp brkutnya proses bmbngan n bantuan kpd PD dlm mlkkan proses BM
- PBM-serangkaian aktifias yg dsepakati n dlkkan guru-PD u mencapai 7an pend scr optimal

e. Ciri2 KBM
- Ada 7an
- Tdp mekanisme, prosedur,lgkah2, mtde, n thniik yg drencanakan n desain u mncp 7an
- Focus mteri jls, terarah n terencana
- Ad aktifitas PD
- Actor guru yg cermat n tepat
- Tdp pola aturan bg gru n mrd dlm tttrtb @
- Limit waktu
- Evaluasi-proses n produk

f. Komponen KBM
- Tujuan
- materi
- Metode
- Pendidik
- PD
- Alat
- KBM
- Alat
- Sumber
- Evaluasi

1. Tujuan
- Sbgai acuan kedepan
- Sbg cita2 yg bernilai normative
- Tujuan umum-khusus slg mlngkapi
- Diskripsi tt perilaku PD yg diharapkan stlh KBM. Stu 7an pngjaran mrpkn hasil yg dhrpkan dr pngjrn n bkn hny proses
2. Bhn pelajaran
3. KBM
4. Metode
5. Alat
6. Sumber pelajaran
7. Evaluasi

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar